in

Barang-Barang Yang Harus Disiapkan Saat Musim Hujan

Barang-Barang Yang Harus Disiapkan Saat Musim Hujan. Saatnya musim hujan. Sudahkah tempatmu terguyur oleh hujan? Nah, mumpung hujan belum begitu sering dan sangat deras, patut diperhatikan juga persiapan kita menghadapinya. Walaupun hujan juga membawa berkah, jangan sampai kewalahan karena kebasahan terguyur hujan, apalagi sakit dan rugi karenanya.

Sebelum hujan berubah menjadi musibah, mari kita bahas apa saja barang dan peralatan yang bisa kamu persiapkan untuk menghadapi musim hujan.

1. Siapkan payung, kapanpun dan dimanapun
Seperti kata sebuah peribahasa terkenal, sudah pasti dong. Sedia payung sebelum hujan. Payung adalah alat yang penting untuk menghadapi hujan, dengan menghindarkan penggunanya dari derasnya air dari langit. Tidak usah repot-repot, cukup pilih payung yang berukuran kecil dan muat di tas saja, agar mudah di bawa dan diakses kapan saja.

2. Bawa pengganti sepatu
Memasuki musim hujan juga berarti lingkungan di sekitar kita akan diselimuti oleh banyak air, yang pasti membuat becek suasana. Kondisi ini sangat tidak cocok bagi para pengguna sepatu. Karena jika sudah terbasahi oleh air hujan dan genangan, sepatu akan menjadi lembab dan bau, dan lama kelamaan bisa menjadi sumber banyak penyakit di kaki pemakainya.
Selalu persiapkan alas kaki cadangan pengganti sepatu biasa, seperti sepatu boot dan sandal. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir akan kebasahan.

3. Sediakan handuk kecil
Terkadang hujan sering datang dengan tiba-tiba di saat perjalanan, dan membuat kita terguyur basah dan terpaksa menepi untuk meneduh. Akibatnya tampilan kita menjadi acak-acakan, kedinginan melanda tubuh, yang kalau terus dibiarkan bisa mengakibatkan flu, batuk dan bahkan demam.
Bawa dan simpanlah sehelai handuk kecil di tas kamu untuk berjaga-jaga. Jadi bisa digunakan setiap kali kamu basah kuyup karena kehujanan.

4. Bawa baju ganti cadangan
Handuk kecil saja tidak cukup. Apalagi kalau benar-benar basah kuyup karena hujan yang sangat deras. Menggunakan baju yang basah terlalu lama juga mengakibatkan masuk angin. Baju yang basah juga membuatnya terlihat menerawang.
Selalu bawa dan siapkan baju ganti yang kering. Simpan di dalam tempat yang tahan air.

5. Kantong plastik
Kantong plastik sangat berguna untuk menyimpan barang-barang basah seperti handuk dan pakaian yang basah. Bisa juga digunakan untuk menyimpan barang-barang berharga agar tidak terkena basah, ketika tas biasa tidak menjamin bisa menahan masuknya air hujan.

6. Makanan instan yang bergizi
Musim hujan yang berkelanjutan seringkali membuat kita terjebak oleh hujan deras yang tidak kunjung berhenti. Jadi tidak bisa keluar untuk mencari suplai makanan. Jadi sebelum musim hujan makin menjadi-jadi, siap dan sediakan makanan-makanan bergizi yang cukup dan mudah disediakan alias instan, dan tahan lama.

7. Lilin dan senter
Pemadaman listrik adalah hal yang sangat biasa terjadi di musim hujan. Jangan lupa untuk menyiapkan stok lilin, senter dan batere untuk mengatasi kegelapan total.

8. Vitamin C yang cukup
Untuk menjaga badan tetap bugar dan terlindungi dari berbagai penyakit musiman seperti demam berdarah, asupan vitamin C yang cukup sangatlah diperlukan. Cukup sebutir sehari, setiap setelah sarapan di pagi hari. Dengan begitu daya tahan tubuh tetap terjaga.

9. Pastinya…jas hujan

Sibuk? Ada deadline? Tapi hujan deras? Jangan putus semangat dulu, kamu bisa menerjangnya dengan menggunakan jas hujan.

Selalu simpan jas hujanmu di dalam tas atau jok motor, untuk berjaga-jaga. Siapa tahu hujan tiba-tiba menerpamu ketika masih di perjalanan. Jas hujan dengan bagian celana plastik juga pilihan yang bagus untuk melawan hujan di saat-saat genting. Jadi seluruh badan tetap kering, dan sampai di tujuan dengan penuh percaya diri.

Sudah siapkah kamu untuk menghadapi musim hujan yang sangat deras?

dikutip dari satujam.com

Avatar

Written by Nurfadilah

Menulislah agar kamu bisa terus jalan jalan meskipun sedang dirumah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kulit Secara Perlahan

Jalur Pendakian Ekstrim Di Dunia