in

Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Ledakan Bom

Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Ledakan Bom. “Awas ada ledakan BOM!”, coba bayangkan bila mendengar kalimat itu di dekat Anda, pasti sudah membuat tubuh Anda bergetar dan jantung Anda berdebar ketakutan, cemas bahkan histeris.

Dalam benak setiap orang terbayang akan kepanikan masyarakat, hancurnya bangunan, hingga korban jiwa yang terluka dan berdarah.

Hal ini tentunya membuat teror tersendiri bagi Anda. Terlebih pada Kamis (14/1) pagi ini Jakarta baru saja diteror dengan ledakan yang diduga bom yang terjadi di kawasan Sarinah Thamrin. Kemudian, sempat muncul berita yang tersebar melalui pesan singkat jika beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta sedang menjadi sasaran teror bom selanjutnya.

Tapi, jangan takut! Bagi Anda yang memang tidak bisa menghindari dan harus melakukan aktivitas sehari-hari di beberapa pusat keramaian dan tiba-tiba terdengar teror bom, sebaiknya lakukan 3 hal berikut ini:

Perhatikan Jalur Evakuasi

Hal ini penting diperhatikan karena apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti ledakan bom, kebakaran dan kejadian bencana lainnya, Anda bisa menjauh dari tempat kejadian secepat mungkin.

Idealnya, pihak manajemen mall seharusnya menerapkan prosedur untuk evakuasi pengunjung. Pusat perbelanjaan yang memiliki manajemen evakuasi yang baik, biasanya menyiapkan jalur evakuasi khusus untuk karyawan dan evakuasi umum untuk pengunjung.

Jangan Gunakan Lift atau Eskalator Dalam Situasi Darurat

Apabila Anda sedang berada di dalam lift atau eskalator saat terjadi situasi darurat, maka tetaplah tenang dan saat berhenti pada lantai yang bukan tujuan Anda, maka segera keluar dari lift atau escalator, ikuti arahan petugas untuk menuju jalur evakuasi yang telah ditentukan.

Tips aman agar Anda tidak terpelanting dari eskalator adalah dengan cara duduk di anak tangga. Setelah itu segera Anda ikuti jalur evakuasi yang telah ditentukan.

Jauhi Area Tersebut!

Apabila Anda berada di sekitar pusat ledakan bom, maka segera mungkin tinggalkan area tersebut. Utamakan keselamatan nyawa Anda karena biasanya teroris juga menggunakan lebih dari satu bom saat melakukan aksinya, jadi bisa dimungkinkan di sekitar TKP tersebut juga masih ada bom selanjutnya. Di samping itu, nda akan terhindar dari asap dan debu bom yang bisa saja mengandung racun.

Intinya, tinggalkan lokasi ledakan, menjauhlah, karena biasanya ledakan selanjutnya jauh lebih berbahaya dan lebih keras dari bom sebelumnya.

Terbukti, ledakan bom di Sarinah telah membuat orang berkerumun, saat orang-orang berkumpul justru terjadi penembakan. Karena itu, hindari untuk melihat dan mendekat ke lokasi ledakan, karena pelaku menginginkan massa berkumpul dan melakukan tindakan kekerasan selanjutnya.

Dan, yang terpenting jangan lupa berdoa setiap Anda ingin melakukan aktivitas di luar rumah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

dikutip dari sooperboy.com

Avatar

Written by Nurfadilah

Menulislah agar kamu bisa terus jalan jalan meskipun sedang dirumah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Jalur Pendakian Ekstrim Di Dunia

Lezatnya Kuliner Khas Daerah Belitung