in

Lezatnya Kuliner Khas Daerah Belitung

Lezatnya Kuliner Khas Daerah Belitung. Belitung tak hanya sekedar memiliki pesona bahari yang memukau dan kisah Laskar Pelangi. Belitung juga memiliki berbagai kuliner khas yang pastinya memanjakan lidah dan perut Anda. Lokasinya yang dekat dengan laut membuat kuliner belitung banyak yang menggunakan bahan dasar ikan ataupun hewan-hewan lainnya. Pastinya ini surga bagi para pecinta seafood. Untuk kamu yang sedang bertandang ke Belitung, jangan lupa untuk mencicipi kelezatan 10 kuliner khas belitung ini, ya!

Mie Belitung

Kuliner Belitung yang paling terkenal boleh jadi adalah mie belitung. Mie Belitung ini adalah mie kuning yang dicampur dengan bakwan udang, taoge, irisan timun, potongan kentang rebus, dan emping. Keistimewaan mie belitung ini terletak pada kuah kari udangnya yang kental dan gurih. Citarasanya merupakan perpaduan manis dan gurih, dengan sedikit rasa hangat dari jahe. Lebih sedap lagi bila disantap bersama cabe rawit tumbuk khas belitung. Mie Belitung yang paling terkenal adakah Mie Belitung Atep yang berlokasi di Jl Sriwijaya.

Gangan (Sop ikan dengan kunyit)

Gangan adalah kuliner belitung berupa sop ikan. Namun berbeda dengan sop ikan umumnya yang memiliki kuah bening, gangan memiliki kuah kuning karena dimasak dengan kunyit. Gangan memiliki citarasa pedas manis dengan sedikit asam dari nanas muda. Gangan ini wajib dimasak dengan menggunakan ikan segar. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan ketarap, ilak, atau barongan. Sementara rempah-rempah yang digunakan adalah kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, lengkuas, sereh, kemiri, dan asam.

Pais

Orang Sunda mungkin tidak asing dengan pais yang artinya adalah pepes. Namun di belitung, pais sama sekali tidak dipepes. Pais di belitung adalah ikan yang dibumbui – bumbunya sama dengan bumbu gangan – lalu dibakar. Ikan yang biasanya digunakan untuk membuat pais adalah ikan ilak, unsat, dan ikan cubit.

Suto Belitong

Suto – bukan soto nih – adalah kuliner belitung yang mirip dengan ketupat sayur, tapi rasanya jauh berbeda. Suto ini adalah irisan lontong, bihun, kentang dan irisan daging yang dihidangkan dengan kuah rebusan kari iga sapi yang dicampur santan kelapa. Pelengkapnya adalah emping dan bawang goreng. Suto belitong ini rasanya makin sedap dengan tambahan kecap dan jeruk limau. Suto biasanya disajikan sebagai menu sarapan.

Sate Laskar Pelangi

Kuliner Belitung yang ini cukup unik. Walaupun judulnya sate, namun sate laskar pelangi tidak diolah dengan cara dibakar seperti sate umumnya. Sate laskar pelangi adalah ikan tenggiri yang diolah bersama santan, telur dan berbagai bumbu lalu dibungkus dengan daun simpor dan dikukus. Sate laskar pelangi ini rasanya enak dan gurih. Adapun daun simpor adalah daun yang menjadi salah satu ciri khas belitung.

Sop Gangan Kepiting

Selain gangan ikan, ada juga gangan kepiting. Kepiting yang biasanya digunakan untuk membuat gangan adalah kepiting hitam atau kepiting batu dan kepiting air laut (rajungan). Bumbu yang digunakan untuk membuat sop gangan kepiting ini sama dengan bumbu gangan ikan, namun ditambahkan dengan santan kelapa. Rasanya nikmat sekali!

Avatar

Written by Nurfadilah

Menulislah agar kamu bisa terus jalan jalan meskipun sedang dirumah

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

Yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Ledakan Bom

Pulau Derawan, Surga Tersembunyi di Kalimantan Timur